Selasa, 13 Maret 2012

BIOGAS BAHAN BAKAR TERBARUKAN


Biogas, Sumber Energi Alternatif
artikel by PT. Ocean Petro Energy,cab Surabaya

Sebetulnya sumber ENERGI ALTERNATIF cukup tersedia. Misalnya    
1.Energi matahari Solar Cell
2.Energi angin
3.EnergiTenaga air (PLTA)
4.Energi Gelombang Laut
5.Energi Gerak
6.Energi dari Buah-buahan
7.Bahan bakar Hidrogen air
8.Bahan bakar dari limbah Plastik
9.Bahan bakar dari limbah Partamina
10.Bahan bakar dari  limbah abu pembakaran batubara ( briket )
11.Bahan bakar briket/arang dari tempurung kelapa
12.Bahan bakar arang dari ranting kayu/sisa kayu
13.Bahan bakar briket dari serbuk kayu limbah gergaji
14.dll ( kami akan membahasnya satu persatu )

Energi terbarukan lain ( RENEWABLE ) yang dapat dihasilkan dengan relatif lebih sederhana dari limbah bio atau bio massa di dalam alat kedap udara yang disebut DIGESTER. Biomassa berupa limbah dapat berupa kotoran ternak bahkan tinja manusia, dan sisa-sisa tanaman.


TEKNOLOGI BIOGAS
Gas methan terbentuk karena proses fermentasi secara anaerobik (tanpa udara) oleh bakteri methan atau disebut juga bakteri anaerobik dan bakteri biogas yang mengurangi sampah-sampah yang banyak mengandung bahan organik (biomassa) sehingga terbentuk gas methan (CH4) yang apabila dibakar dapat menghasilkan energi panas.Gas methan sama dengan gas elpiji (liquidified petroleum gas/LPG), perbedaannya adalah gas methan mempunyai satu atom C, sedangkan elpiji lebih banyak.


ALAT PEMBANGKIT BIOGAS
Ada dua tipe alat pembangkit biogas atau digester

1.Tipe terapung (floating type )       
Tipe terapung yang terdiri atas sumur pencerna terbuet dari beton dan di atasnya ditaruh drum terapung yg dibalik berfungsi untuk menampung gas yang dihasilkan oleh digester, tipe ini disebut juga tipe India.
2.Tipe kubah (fixed type )
Tipe kubah,berupa digester yang dibangun dengan menggali tanah yang kedap udara dan seperti kubah (bulatan setengah bola). Tiipe ini disebut tipe China
PRUSES BIOGAS TERJADI
Di dalam digester bakteri-bakteri methan mengolah limbah bio atau biomassa dan menghasilkan biogas methan. Dengan pipa yang didesain, Gas tersebut dapat digunakan untuk keperluan memasak dan lain-lain. Biogas dihasilkan dengan mencampur limbah yang sebagian besar terdiri atas kotoran ternak ,sisa-sisa tanaman dan sayuran, seperti jerami dan sebagainya, dengan air yang cukup banyak.
Waktu awal yang dibutuhkan 2 minggu sampai 2 bulan sebelum dihasilkan gas awal. Campuran ditambah setiap hari dan sesekali diaduk, sedangkan yang sudah diolah dikeluarkan melalui saluran pengeluaran. Sisa dari limbah yang disebut slurry atau lumpur dapat digunakan sebagai pupuk organik seperti kompos,jika akan disimpan dapat dikeringkan terlebih dahulu.
Ukuran 8 meter kubik tipe kubah, cocok bagi peternak yang punya 3 ekor sapi atau 8 ekor kambing atau 100 ekor ayam dan harus ada air yang cukup dan limbah tanaman. Untuk menghasilkan 1 meter kubik biogas,dibutuhkan 80 kg kotoran sapi dan 80 ltr air.
Negara-negara maju banyak yang menerapkan sistem ini sebagai bagian usaha untuk daur ulang dan mengurangi polusi dan biaya pengelolaan limbah. Jadi dapat disimpulkan bahwa biogas mempunyai berbagai manfaat.

MANFAAT BIO GAS
Menghasilkan gas methan
Menjaga kelestarian lingkungan
Mengurangi polusi udara karena tidak ada emisi karbon
Lingkungan jadi bersih dan sehat
Bisa dijadikan pupuk organik
Meningkatkan kesejahteraan masyarakat
Menghemat pemakain BBM yang berlebih dan kelestarian hutan
                                                                  
PERAN PEMERINTH

Untuk menuai hasil yang signifikan, diperlukan peran pemerintah dan masyarakat, yang terarah, dan terencana meliputi pengembangan teknologi, penyuluhan, dan pendampingan. Mengenai pembiayaannya mungkin secara bertahap sebagian subsidi BBM dialihkan untuk pembangunan unit-unit pembangkit biogas.Semoga dapat direalisasikan.
SEMOGA BERMANFAAT,bagi dunia pendidikan