Minggu, 18 Maret 2012

SUPPLIER HSD-MFO


PT. Ocean Petro Energy

Selamat Datang

di PT. OCEAN PETRO ENERGY



Kami adalah perusahaan PT. Ocean Petro Energy (OPetro)
CABANG SURABAYA utk menjalankan Usaha Niaga
Umum Bahan Bakar Minyak terkonsentrasi pada wilayah wilayah yang masih terdapat kesenjangan Demand & Supply, yg ada di Indonesia

Konsep kegiatan usaha niaga BBM OPetro adalah:

Membangun Fuel Base Supply dengan mengggunakan Floating Storage pada titik-titik kegiatan operasi usaha Customer yang berada di wilayah-wilayah yang memiliki tingkat accessibility sulit.
Mendukung operasi Fuel Base Supply dengan menggunakan feeder berupa LCT Oil Cargo (Landing Craft Tanker Oil Cargo) dan SPOB (Self Propeller Oil Barge).
Menjalankan kegiatan Mobile Bunker Services.
Menjalankan kegiatan In Land Fuel Distribution, pada wilayah-wilayah yang telah memiliki dukungan fasilitas Fuel Logistic Terminal, bekerjasama dengan Principal.,Spot Fuel Trading dan Contract.
    OFFICE ADDRESS :
    PT. Ocean Petro Energy

    Kantor Pusat
    Komp. POLRI
    Jl. L No. 1
    Ragunan, Pasar Minggu
    Jakarta 12550

    Kantor Cabang
    Komp.Roko Gate Way
    Blok D 36
    Jl.Raya Waru Sidoarjo
    Surabaya Indonesia

    Kantor Cabang
    Pusat Niaga Bintaro Junctions
    JL. Jend.Sudirman Blok D2/11 Sektor VII Bintaro Jaya
    Tanggerang Selatan 15224,
    Banten Indonesia 

    Kantor Cabang
    Makasar Indonesia

    Partner PT. Ocean Petro Energy
    PT. Pelabuhan Indonesia III ( Persero )
    Petronas Malaysia
    PT. Success Ocean Shipping

    WE CAN HELP YOU
    08151515 4851
    081217 819191
    031-311 00777

    Sabtu, 17 Maret 2012

    LABU ENERGI ALTERNATIF MASA DEPAN

    LABU ENERGI TERBARUKAN

    Siswa SMP Olah Labu Jadi Listrik Alternatif - Dua siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)Nasima Semarang, Jawa Tengah, mengolah buah labu air menjadi sumber listrik alternatifyang mampu menyalakan lampu "light emitting diode" (LED).
    Penemuan Talitha Helga Safira dan Nurina Khansa Vasthi, kedua siswa tersebut dipertandingkan dalam "Wisata Energi dan Kompetisi Energi Alternatif Sahabat Lingkungan", di Semarang, Kamis.

    Keduanya, yang kebetulan kakak-beradik itu, mempertandingkan karya inovatifnya dengan empat tim lain, pada kompetisi energi alternatif tingkat SMP yang digelar PT Indonesia Power Semarang.
    Talitha, siswa kelas VIII SMP Nasima Semarang, menjelaskan temuannya itu diilhami dari tanaman labu yang banyak tumbuh di belakang rumahnya, namun selama ini hanya dimanfaatkan untuk masakan.

    "Padahal, labu air sebenarnya memiliki kandungan elektrolit, yakni zat yang dapat menghantarkanarus listrik. Apalagi, setelah dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion-ion," katanya.
    Mereka menamai temuannya itu "pembangkit listrik tenaga labu" (PLTL), dan mengaku harus melakukan percobaan sampai dua kali untuk mendapatkan daya listrik yang maksimal dari temuannya itu.

    "Untuk membuatnya butuh beberapa komponen tambahan, seperti plat seng, plat tembaga, kabel, dan avometer yang dirangkai sedemikian rupa," tambah Nurina, sang adik yang duduk di kelas VII.
    Keduanya mengaku temuannya tersebut memang masih sangat sederhana karena hanya mampu menghidupkan lampu LED, namun jika dikembangkan dimungkinkan bisa menjadi penghasil listrik yang lebih besar.

    PT,Ocean Petro Energi cab.Surabaya
    Semoga bermanaat bagi DUNIA PENDIDIKAN
    aerikel dari beberapa Sumber

    SINGKONG ENERGI ALTERNATIF MASA DEPAN

    SINGKONG/KETELA BAHAN BAKAR YANG RAMAH LINGKUNGAN

    PT. Ocean Petro Energy, cab Surabaya
    Semoga bermanfaat pada Dunia Pendidikan
    "Baterai Singkong" 

    Seorang anak bernama Innocencio Kresna Pratama (dipanggil Inno) mengantarkan kota Bandar Lampung menjadi yang terbaik di ajang "Kompetensi dan Kreativitas Siswa SD Dan Madrasah Ibtidaiah (MI) se provinsi Lampung. Apa yang dibuat Inno? Bocah kelas 6 SD Tunas Mekar Indonesia ini berhasil membuat para juri terpana dengan karyanya yang bertajuk "Baterai Singkong, Upaya menemukan Energi Alternatif" serta mengantarkannya mewakili provinsi Bandar Lampung pada event yang sama tingkat nasional.

    Modalnya, menurut Inno, sangat mudah didapat dan murah pula; satu batang singkong kecil yang dipotong menjadi empat bagian.  Inno menancapkan pelat dan tembaga seng yang kemudian disambung dengan kabel kecil ke kalkulator dan jam digital. Hasilnya? Kedua benda itu menyala dan tetap akurat!
    Menurut Inno, singkong dapat menghasilkan listrik karena mengandung cairan elektrolit untuk menghasilkan listrik."Untuk itu teknologi sederhana ini saya namakan Baterai Singkong", ujar anak dari pasangan drg. Edy Suwanto dan drg. Lucia Dwi Handayani.
    Apa yang mendorong calon ilmuwan cilik kelahiran 8 Maret 1996 ini? Dia mengaku terinsipirasi karena rajin membaca, ditambah lagi sudah memulai penelitian kecil di sekolah seperti mulai cara menanam, mengamati pertumbuhan tanaman, dan lain-lain.
    Ketertarikannya menjadi semakin menjadi-jadi setelah membaca di internet dan berbagai macam buku kalau apel dan jeruk dapat pula menghasilkan listrik. "Mulai dari situlah aku tertarik melanjutkan penemuan ini. Aku menduga buah lain, bahkan umbi2an juga dapat menghasilkan listrik" kata dia.
    Di sekolah Inno mengadakan percobaan di sekolah seperti menguji buah mangga yang didapati juga menghasilkan listrik. Ia beralih ke umbi2an; singkong,ubi,dan kentang tak luput untuk dijadikan obyek pengujian.Inno mengklaim baterai singkong dapat bertahan berhari-hari tanpa henti seperti baterai konvensional, malahan dapat dipakai berkali-kali dengan menancapkan pelat tembaga di bagian sisi yang belum digunakan.
    Otaknya yang kreatif terus seakan tak pernah berhenti yang terbukti dari pengakuannya untuk melanjutkan penelitian menjadikan singkong batu baterai kering.
    Meskipun begitu, anak ini tetap rendah hati dan mengharapkan doa dari orang-orang terdekatnya berharap untuk kembali menjadi yang terbaik di ajang nasional kelak.
    "Huahh harus cepet dipatenin nih singkong ajaib"

    Sumber,lampung pos, artikel by Felivanus Gea

    Selasa, 13 Maret 2012

    BIOGAS BAHAN BAKAR TERBARUKAN


    Biogas, Sumber Energi Alternatif
    artikel by PT. Ocean Petro Energy,cab Surabaya

    Sebetulnya sumber ENERGI ALTERNATIF cukup tersedia. Misalnya    
    1.Energi matahari Solar Cell
    2.Energi angin
    3.EnergiTenaga air (PLTA)
    4.Energi Gelombang Laut
    5.Energi Gerak
    6.Energi dari Buah-buahan
    7.Bahan bakar Hidrogen air
    8.Bahan bakar dari limbah Plastik
    9.Bahan bakar dari limbah Partamina
    10.Bahan bakar dari  limbah abu pembakaran batubara ( briket )
    11.Bahan bakar briket/arang dari tempurung kelapa
    12.Bahan bakar arang dari ranting kayu/sisa kayu
    13.Bahan bakar briket dari serbuk kayu limbah gergaji
    14.dll ( kami akan membahasnya satu persatu )

    Energi terbarukan lain ( RENEWABLE ) yang dapat dihasilkan dengan relatif lebih sederhana dari limbah bio atau bio massa di dalam alat kedap udara yang disebut DIGESTER. Biomassa berupa limbah dapat berupa kotoran ternak bahkan tinja manusia, dan sisa-sisa tanaman.


    TEKNOLOGI BIOGAS
    Gas methan terbentuk karena proses fermentasi secara anaerobik (tanpa udara) oleh bakteri methan atau disebut juga bakteri anaerobik dan bakteri biogas yang mengurangi sampah-sampah yang banyak mengandung bahan organik (biomassa) sehingga terbentuk gas methan (CH4) yang apabila dibakar dapat menghasilkan energi panas.Gas methan sama dengan gas elpiji (liquidified petroleum gas/LPG), perbedaannya adalah gas methan mempunyai satu atom C, sedangkan elpiji lebih banyak.


    ALAT PEMBANGKIT BIOGAS
    Ada dua tipe alat pembangkit biogas atau digester

    1.Tipe terapung (floating type )       
    Tipe terapung yang terdiri atas sumur pencerna terbuet dari beton dan di atasnya ditaruh drum terapung yg dibalik berfungsi untuk menampung gas yang dihasilkan oleh digester, tipe ini disebut juga tipe India.
    2.Tipe kubah (fixed type )
    Tipe kubah,berupa digester yang dibangun dengan menggali tanah yang kedap udara dan seperti kubah (bulatan setengah bola). Tiipe ini disebut tipe China
    PRUSES BIOGAS TERJADI
    Di dalam digester bakteri-bakteri methan mengolah limbah bio atau biomassa dan menghasilkan biogas methan. Dengan pipa yang didesain, Gas tersebut dapat digunakan untuk keperluan memasak dan lain-lain. Biogas dihasilkan dengan mencampur limbah yang sebagian besar terdiri atas kotoran ternak ,sisa-sisa tanaman dan sayuran, seperti jerami dan sebagainya, dengan air yang cukup banyak.
    Waktu awal yang dibutuhkan 2 minggu sampai 2 bulan sebelum dihasilkan gas awal. Campuran ditambah setiap hari dan sesekali diaduk, sedangkan yang sudah diolah dikeluarkan melalui saluran pengeluaran. Sisa dari limbah yang disebut slurry atau lumpur dapat digunakan sebagai pupuk organik seperti kompos,jika akan disimpan dapat dikeringkan terlebih dahulu.
    Ukuran 8 meter kubik tipe kubah, cocok bagi peternak yang punya 3 ekor sapi atau 8 ekor kambing atau 100 ekor ayam dan harus ada air yang cukup dan limbah tanaman. Untuk menghasilkan 1 meter kubik biogas,dibutuhkan 80 kg kotoran sapi dan 80 ltr air.
    Negara-negara maju banyak yang menerapkan sistem ini sebagai bagian usaha untuk daur ulang dan mengurangi polusi dan biaya pengelolaan limbah. Jadi dapat disimpulkan bahwa biogas mempunyai berbagai manfaat.

    MANFAAT BIO GAS
    Menghasilkan gas methan
    Menjaga kelestarian lingkungan
    Mengurangi polusi udara karena tidak ada emisi karbon
    Lingkungan jadi bersih dan sehat
    Bisa dijadikan pupuk organik
    Meningkatkan kesejahteraan masyarakat
    Menghemat pemakain BBM yang berlebih dan kelestarian hutan
                                                                      
    PERAN PEMERINTH

    Untuk menuai hasil yang signifikan, diperlukan peran pemerintah dan masyarakat, yang terarah, dan terencana meliputi pengembangan teknologi, penyuluhan, dan pendampingan. Mengenai pembiayaannya mungkin secara bertahap sebagian subsidi BBM dialihkan untuk pembangunan unit-unit pembangkit biogas.Semoga dapat direalisasikan.
    SEMOGA BERMANFAAT,bagi dunia pendidikan

    Minggu, 11 Maret 2012

    SUPPLIER BAHAN BAKAR



    PT. Ocean Petro Energy

    Selamat Datang

    di PT. OCEAN PETRO ENERGY



    Kami adalah perusahaan PT. Ocean Petro Energy (OPetro)
    cabang Surabaya utk menjalankan Usaha Niaga
    Umum Bahan Bakar Minyak terkonsentrasi pada wilayah wilayah yang masih terdapat kesenjangan Demand & Supply, yg ada di Indonesia

    Konsep kegiatan usaha niaga BBM OPetro adalah:

    Membangun Fuel Base Supply dengan mengggunakan Floating Storage pada titik-titik kegiatan operasi usaha Customer yang berada di wilayah-wilayah yang memiliki tingkat accessibility sulit.

    Mendukung operasi Fuel Base Supply dengan menggunakan feeder berupa LCT Oil Cargo (Landing Craft Tanker Oil Cargo) dan SPOB (Self Propeller Oil Barge).

    Menjalankan kegiatan Mobile Bunker Services.

    Menjalankan kegiatan In Land Fuel Distribution, pada wilayah-wilayah yang telah memiliki dukungan fasilitas Fuel Logistic Terminal, bekerjasama dengan Principal.,Spot Fuel Trading dan Contract.

      OFFICE ADDRESS :

      PT. Ocean Petro Energy

      Kantor Pusat
      Komp. POLRI
      Jl. L No. 1
      Ragunan, Pasar Minggu
      Jakarta 12550

      Kantor Cabang
      Komp.Roko Gate Way
      Blok D 36
      Jl.Raya Waru Sidoarjo
      Surabaya

      WE CAN HELP YOU
      08151515 4851
      081217 819191
      031-7000 3763

      SOLAR CELL - TENAGA SURYA

      BAHAN BAKAR ALTERNATIF
      ENERGY MATAHARI ( SOLAR CELL )


      Suatu saat bahan bakar FOSIL minyak dan gas diperut bumi akan habis,malam pun menjadi gelap gulita ?
      Mimpi buruk itu bisa saja menjadi kenyataan pada tahun 2070. Namun, perkiraan tidak secepat itu, karena masih ada bahan bakar fosil , misalnya BATU BARA yang pemanfaatannya bisa bertahan hingga tahun 2300.Tapi eksploitasi batu bara yg besar besaran akan merusak lingkungan spt yg terlihat di kalimantan..Keberadaan ENERGI YG TAK TERBARUKAN itu berdasarkan data tahun 1970 tidak lebih dari TIGA ABAD LAGI, semua sumber energi itu akan HABIS..

      Agar generasi mendatang tak mengalami nasib buruk itu, kini beberapa negara mulai mengembangkan ENERGI YG TERBARUKAN, di antaranya yang makin populer adalah SEL SURYA (SOLAR CELL) tenaga matahari.

      Sel surya adalah teknologi mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik dengan menggunakan photovoltaics . Secara umum cara penggunaan tenaga matahari ini dibagi dua, yaitu aktif dan pasif.                                1.Penggunaan secara aktif yaitu menggunakan teknologi panel photovoltaic atau panel tenaga surya untuk mengumpulkan energi listrik.
      2.Penggunaan secara pasif adalah dengan cara mengatur arah bangunan, menggunakan material yang menyerap panas dan desain bangunan yang secara alami memperlancar sirkulasi udara di dalam bangunan.

      MANFAAT SEL SURYA
      Pemanfaatan energi alternatif yang melimpah, bersih, dan tak habis-habisnya itu, terus dikembangkan untuk berbagai keperluan. Upaya itu antara lain dilakukan oleh Jepang secara gencar. Dengan Proyek Genesis Global Energy Network Equipped with Solar Cell and International Superconductor Grids) negara Matahari Terbit itu bercita-cita menggelar sistem energi surya photovoltaics di seluruh dunia, yang dipadukan dengan jaringan transmisi daya superkonduktor bertemperatur tinggi. Listrik yang dibangkitkan sel surya melalui jaringan itu akan dipasok secara stabil ke seluruh dunia.

      Bila dijajarkan pada areal seluas 800 X 800 km persegi, sistem sel surya yang memiliki efisiensi konversi 10 persen itu dapat memasok energi setara dengan kebutuhan BBM dunia pada tahun 2010, yaitu 14 miliar kiloliter selama setahun. Lahan seluas 640.000 km persegi yang diperlukan itu hanya sekitar 4 persen dari total luas areal gurun pasir di dunia.

      PEMANFAATAN sel surya sangat luas,tdk hanya utk penerangan rumah ato gedung gedung. Perusahaan Jepang di bidang transportasi umum, misalnya, mengembangkan bukan hanya mobil surya, tapi juga untuk sepeda motor, kapal pesiar hingga pesawat terbang dan balon udara .
      Di Amerika Serikat, pesawat bersayap panjang Solar Impulse HB-SIA bertenaga surya, yang pernah diuji coba pada pameran dirgantara Paris Air Show 2011, mampu terbang selama 36 jam nonstop dengan kecepatan 70 km/jam, tanpa bantuan satu liter pun bahan bakar fosil.

      PERKEMBANGAN SEL SURYA

      Sebelum masuk ke berbagai aplikasi komersial, teknologi sel surya terutama untuk mengubah energi surya langsung menjadi listrik hanya ada untuk program angkasa luar. Sel-sel kristal sililkon yang digunakan pada proses ini, meskipun efisien, masih sangat mahal untuk aplikasi umum.

      Perkembangannya, sel surya generasi kedua, yang terbuat dari film sangat tipis sebagai bahan penangkap sinar, dapat mengurangi biaya, tetapi tidak membuatnya cukup menarik untuk aplikasi lain, selain produk konsumen berukuran kecil seperti kalkulator dan arloji.

      Kendala yang dihadapi dalam penggunaan sel surya ini adalah pada efisiensi konversi energinya yang sangat rendah. Pada umumnya, lapisan tunggal sel surya yang halus akan menyerap sedikit frkasi sinar yang sangat kecil hanya sekitar 1 hingga 2 persen. Untuk mengatasi itu, dipelajari sistem kerja daun dalam melaksanakan fotosintesis.

      Dalam daun terdapat banyak lapisan klorofil yang dapat menyerap sinar yang masuk dengan baik. Untuk memberi efek yang sama pada sel surya digunakan permukaan permukaan film yang tidak halus seperti layaknya daun untuk mendukung bagian peka cahaya.

      PEMERINTAH BELUM MENDUKUNG

      Meski demikian, tampaknya pemerintah masih pesimistis dalam pengembangan energi baru dan terbarukan.
      Pengembangannya masih tersendat-sendat.
      Untuk itu semua Energi Baru dan Terbarukan ( EBT) harus serentak didorong untuk menggantikan energi fosil. Namun, saat ini justru energi fosil yang memperoleh subsidi.”Harusnya EBT didorong untuk menggantikan energi fosil bukan malah sebaliknya.

      Namun, justru karena itulah maka pengembangan energi baru dan terbarukan harus dilakukan secepat mungkin sehingga biayanya akan semakin berkurang. ”Seperti handphone, dulu mahal sekali, tapi sekarang murah. krn apa,pemakaianya semakin banyak sehinga cost-nya cepat turun. Jadi, kalau kita tidak segera mulai, maka kita akan sangat tertinggal,dengan negara negara maju.

      SEMOGA BERMANFAAT..BAGI DUNIA PENDIDIKAN
      PT.Ocean Petro Energy

      Jumat, 09 Maret 2012

      MINYAK DARI LIMBAH PLASTIK

      BAHAN BAKAR MINYAK DARI LIMBAH PLASTIK
      Artikel by PT. Ocean  Petro Energy cab.Surabaya


      LIMBAH PLASTIK ADALAH ANCAMAN BAGI PENCEMARAN LINGKUNGAN,karena setiap hari orang-orang kalau beli sesutu selalu memakai plastilk sebagai bungkusnya,setelah itu bungkus di buang di tempat sampah.Bahkan ibu-ibu kalau beli tahu,tempe atau krupuk yang lewat didepan rumahnya,mreka tidak mau ambil tempat dari rumahnya,mreka Cuma bawah uang,setelah itu tahu atau tempe di bungkus kresek oleh penjualnya,dan dari rumah tahu atau tempe diambil lalu kresek dibuang lagi ke tempat sampah.Banyangkan berapa RATUS TON kresek yang terbuang sia-sia setiap harinya,gara-gara tdk ada kesadaran dari MASYARAKAT.Dan plastik adalah limbah yang susah terurai,bumi kita perlu waktu puluhan tahun untuk mengurai plastik.

      Dengan adanya pemikiran yang cemerlang untuk mengatasi limbah plastik,akirnya dapat di temukan ENERGI ALTERNATIF DARI LIMBAH  PLASTIK.Kepala SMKN 3 Madiun Sulaksono Tavip Riyanto mengakan, kualitas minyak plastik setingkat lebih rendah dari bensin dan lebih tinggi dari minyak tanah.dan bisa dijadikan bahan bakar untuk kompor.
      Hasil karya generasi muda anak bangsa ini,patut di acungi jempol,minyak plastik ini diharapkan dapat mengurangi limbah plastik dan mengatasi kenaikan BBM.Menurut Joko karya-karya anak bangsa ini harus didukung dan dikembangkan karena mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat, bahkan dapat menciptakan perekonomian bangsa lebih baik.
      CARA MEMBUAT MINYAK PLASTIK
      Kita tahu bahwa asap plastik mangandung racun,tapi dengan teknologi yang dibuat oleh anak-anak SMKN 3 Madiun, asap plastik tidak keluar sama sekali atau tidak terbuag sama sekali.Justru dari asap itu plastik bisa keluar cairanya ,dan embunya itu dari hasil penguapan akan menjadi minyak.Proses pembuatanya sangat sederhana,dengan PENYULINGAN,sediakan tabung gas 3 kg untuk membakar limbah plastik.Dimana hasil pembakaran tersebut ditampung dalam  tabung laca.Hasil PENGEMBUNAN itu menjadi minyak dan bisa digunakan BBM alternatif

      MANFAAT MINYAK PLASTIK
      Bila ini terwujud tidak saja membantu kesejahteran rakyat dan menciptakan PEREKONOMIAN BANGSA tapi juga akaan menyelamatkan DUNIA DARI LIMBAH PLASTIK membuat lingkungan jadi asri.Maka untuk itu peran PEMERINTAH sangat diperlukan. Dari berbagiai sumber...


      SEMOGA BERMANFAAT BAGI DUNIA PENDIDIKAN

      SUPPLIER SOLAR INDUSTRI

      Supplier Solar Industri

      Pengertian Supplier solar industri 


      Supplier adalah orang ataau badan yang menyediakani kebutuhan barang tertentu yang kita butuhkan

      Solar adalah bahan bakar minyak / fosil dari hasil penambangan yang melalaui proses.

      Solar industri bahan bakar yang dikhususkan untuk pabrik yang tidak mendapat subsidi dari pemerintah.

      info lebih lengkap, silakan klik pada koolm  Beranda, Tentang Kami, Produck and Services dst

      Terims Kasih

      TURBIN ANGIN ENERGY ALTERNATIF

      TURBIN ANGIN
      by Ocean Petro Energi cab.Surabaya
      Energi alternatif terus dikembangankan baik karena untuk melakukan penghematan energi listrik maupun untuk "mengakali" tidak tersedianya energi listrik di satu tempat.
      Konsep gedung yang satu ini adalah salah satunya.
      Wind Shade Roof adalah gedung yang atapnya terdiri dari beberapa turbin angin (wind turbines) untuk menghasilkan suatu energi dan bertujuan untuk suatu bangunan yang di lokasinya tidak terdapat aliran listrik.



      Gambar disamping adalah salah satu konsep Wind Share Roof yang diterapkan pada satu bangunan kolam renang indoor yang lokasinya berada di tengah gurun pasir.
      Dengan bantuan turbin angin yang ada maka segala kebutuhan tenaga listrik seperti penyejuk udara (AC), lampu dan pompa air dapat disuplai dari energi yang dihasilkan oleh turbin angin tersebut.
      Seandainya hal ini bisa direalisasikan di Indonesia dengan harga murah maka mungkin tidak akan ada lagi yang namanya "Byar Pret" (mati lampu) terlalu sering.  
       
      Sumber berita
      Wind Shade Roof offers an oasis of energy
      Semoga Bermanfaat bagi DUNIA PENDIDIKAN

      SUPPLIER SOLAR INDUSTRI JAKARTA

      SOLAR INDUSTRI JAKARTA

      kami adalah PT.Ocean Petro Energi yang berkantor pusat di Jakarta

      PT. Ocean Petro Energy

      Kantor Pusat
      Komp. POLRI
      Jl. L No. 1
      Ragunan, Pasar Minggu
      Jakarta 12550

      Kantor Cabang
      Komp.Roko Gate Way
      Blok D 36
      Jl.Raya Waru Sidoarjo
      Surabaya

      Kantor Cabang
      Pusat Niaga Bintaro Junctions
      JL. Jend.Sudirman Blok D2/11 Sektor VII Bintaro Jaya
      Tanggerang Selatan 15224, Banten
      Indonesia

      Kantor Cabang
      makasar alamat


      Partner PT. Ocean Petro Energy
      PT. Pelabuhan Indonesia III ( Persero )
      Petronas Malaysia
      PT. Success Ocean Shipping

      Kami siap melaayani kebutuhan Solar Industri anda
      Produck yang kami jual adalah HSD dan MFO
      PT,Ocean Petro Energy, Supplier Solar Industri - Indonesia
      info lebih lengkap silakan klik pada beranda, tentang kami, produck and services dst

      SUPPLIER SOLAR INDUSTRI SURABAYA

      SOLAR INDUSTRI SURABAYA

      Kami adalah PT.Ocean Petro Energy cabang Surabaya
      yang berkantor di Ruko Gate Way blok D 36 jalan Raya Waru Sidoarjo Surabaya-Indonesia
      Kantor Pusat berkedudukan di jakarta - Indonesia
      Kami siap melayani kebutuhan Solar Industri di seluruh Indonesia
      Produck yang kami jual adalah HSD dan MFO
      PT.Ocean Petro Energy, Supplier Solar industri - Indonesia
      info lebih lengkap silakan klik pada beranda, tentang kami, produck and services dst

      PT. Ocean Petro Energy

      Kantor Pusat
      Komp. POLRI
      Jl. L No. 1
      Ragunan, Pasar Minggu
      Jakarta 12550

      Kantor Cabang
      Komp.Roko Gate Way
      Blok D 36
      Jl.Raya Waru Sidoarjo
      Surabaya Indonesia

      Kantor Cabang
      Pusat Niaga Bintaro Junctions
      JL. Jend.Sudirman Blok D2/11 Sektor VII Bintaro Jaya
      Tanggerang Selatan 15224,
      Banten Indonesia 

      Kantor Cabang
      Makasar Indonesia

      Partner PT. Ocean Petro Energy
      PT. Pelabuhan Indonesia III ( Persero )
      Petronas Malaysia
      PT. Success Ocean Shipping

      Kamis, 08 Maret 2012

      KINCIR ANGIN BAHAN BAKAR ALTERNATIF

      KINCIR ANGIN
      Di posting PT. Ocean Petro Energy cab.Surabaya
      Semoga bermanfaat bagi Dunja Pendidikan


      Kincir angin merupakan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan. Awal mulanya kincir angin digunakan pada zaman babilonia untuk penggilingan padi.Penggunaan teknologi modern dimulai sekitar tahun 1930, diperkirakan ada sekitar 600.000 buah kincir angin untuk berbagai keperluan. Saat ini kapasitas daya yang dihasilkan kincir angin skala industri antara 1 – 4 mw.

      CARA KERJA KINCIR ANGIN :

      Angin meniup bilah kincir angin dan akan memutar poros didalam nacelle
      Poros dihubungkan ke gearbox,kecepatan perputaran poros ditingkatakan dengan cara mengatur perbandingan roda gigi dalam gearbox
      gearbox dihubungkan ke generator dan merubah energi mekanik menjadi energi listrik
      dari generator energi listrik menuju transformer untuk menaikan tegangannya dan siap didistribusikn
      Kincir angin adalah teknologi energi yang paling cepat perkembangannya di dunia..Hampir tiga perempat kapasitas instalasi energi angin berada di Eropa. Energi ini telah memenuhi kebutuhan listrik 35 juta rumah tangga Eropa.Delapan puluh persen penduduk, sangat mendukung penggunaan sumber energi yang dapat diperbarui,krn ramah lingkungan dan bebas polus
      Jerman merupakan negeri kincir angin utama dunia,sekitar 14.000 buah,menghasilkan 31,5 Twh listrik per tahun.Jerman juga merupakan pasar kincir angin terbesar di dunia.dengan kuota ekspor sebesar 59 % di thn 2004

      MANFAAT KINCIR ANGIN

      Dari segi ekonomi, sumber energi ini mampu megurangi penggunaan bahan bakar minyak/FOSIL serta menciptakan lapangan pekerjaan.
      Di bidang lingkungan hidup, sangat ideal karena tidak menghasilkan polusi.Dan setiap megawatt yang energi kincir angin, mengurangi emisi 0,8 - 0,9 ton gas rumah kaca yang dihasilkan BBM dan Batubara per tahun.
      Menghemat biaya penanggulangan polusi terhadap lingkungan, krn tdk merusak lingkungan.
      Energi masa depan krn selama dua dekade dialah salah satu energi masa depan yg tdk akan habis dan mengurangi pemanasan glogal.

      PERAN PEMERINTAH INDONESIA

      Indonesia, negara kepulauan 2/3 wilayahnya adalah lautan dan mempunyai garis pantai terpanjang di dunia yaitu ± 80.791,42 Km, dan potensial untuk pengembangan pembanglit listrik tenaga angin, namun sayang BELUM MAXSIMAL DIKELOLAH PEMERINTAH INDONESIA.
      Negara lain,selain Jerman yang memanfaatkan energi angin adalah Amerika, Spanyol dan China.Diharapkan pada tahun 2010 total kapasitas pembangkit listrik tenaga angin secara glogal mencapai 170 GigaWatt.
      Di seluruh Indonesia, lima unit kincir angin pembangkit berkapasitas masing-masing 80 kilowatt (kW) sudah dibangun. Tahun 2007, tujuh unit dengan kapasitas sama menyusul dibangun di empat lokasi, masing-masing di Pulau Selayar tiga unit, Sulawesi Utara dua unit, dan Nusa Penida, Bali, serta Bangka Belitung, masing-masing satu unit. Mengacu pada kebijakan energi nasional, maka pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) ditargetkan mencapai 250 megawatt (MW) pada tahun 2025.
      Untuk memenuhi kebutuhan listrik di Indonesia untuk daerah-daerah terpnecil seperti di kepulauan, diperlukan hybrid system antara potensi renewable energy yang ada di lokasi (seperti PLTB-PV-baterai, PV-PLTMH-Fuel Cell, dll). Akan tetapi perlu menjadi catatan, semua teknologi untuk penggunaan energi-energi tersebut masih cukup mahal bila dilihat dari kelayakan ekonominya terutama FC dan PV.

      EFEK SAMPING KINCIR ANGIN

      Proses yang lama untuk pengembangan proyek energi angin. Memakan waktu hingga 4 tahun dalam ijin ladang angin yang besar.

      Emisi karbon di tempat kincir angin dibangun, sulfur diosida, nitrogen dioksids, polutan atmosfir, tapi dalam operasinya pembangkit listrik tenaga angin ini tidak menghasilkan emisi yang berarti. Jika dibandingkan dengan batubara, minyak dan gas.

      Dampak visual.pembangunan ladang angin membutuhkan luas lahan yang tidak sedikit.Penempatan pada lahan yang produktif dapat mengurangi lahan pertanian serta pemukiman. Penggunaan tiang yang tinggi dapat menyebabkan terganggunya cahaya matahari yang masuk ke rumah penduduk. Perputaran sudu-sudu menyebabkan cahaya matahari yang berkelap-kelip dan dapat mengganggu pandangan penduduk setempat.

      Efek lain terjadi derau frekuensi rendah dari sudu-sudu turbin ANGIN,penggunaan gearbox serta generator juga dapat menyebabkan derau suara mekanis dan juga derau suara listrik.Dalam keadaan tertentu turbin angin dapat juga menyebabkan interferensi elektromagnetik, mengganggu penerimaan sinyal televisi atau transmisi gelombang mikro untuk komunikasi.

      Beberapa ilmuwan berpendapat bahwa penggunaan skala besar dari pembangkit listrik tenaga angin dapat merubah iklim lokal maupun global karena menggunakan energi kinetik angin dan mengubah turbulensi udara pada daerah atmosfir,oleh karena itu ketinggian dan kecepatan perputaran rotor perlu dibatasi di bawah 70m/s.

      Pengaruh ekologi, Burung dan kelelawar dapat terluka bahkan mati akibat terbang melewati sudu-sudu yang sedang berputar. Namun dampak ini masih lebih kecil jika dibanding dengan kematian burung akibat kendaraan ,adanya pembangkit listrik tenaga angin dapat mengganggu migrasi populasi burung dan kelelawar. Pembangunam pada lahan yang bertanah kurang bagus juga dapat menyebabkan rusaknya lahan di daerah tersebut.
      Ladang angin lepas pantai dapat mengganggu pelaut dan kapal-kapal yang berlayar. Konstruksi tiang dapat mengganggu permukaan dasar laut dan terganggunya kehidupan bawah laut. Efek negatifnya,terjadinya polusi yang bertanggung jawab atas berkurangnya stok ikan. Studi baru-baru ini menemukan bahwa ladang pembangkit listrik tenaga angin lepas pantai menambah 80 – 110 dB kepada noise frekuensi rendah yang dapat mengganggu komunikasi ikan paus dan kemungkinan distribusi predator laut. Namun begitu, ladang angin lepas pantai diharapkan dapat menjadi tempat pertumbuhan bibit-bibit ikan yang baru. Karena memancing dan berlayar di daerah sekitar ladang angin dilarang, maka spesies ikan dapat terjaga akibat adanya pemancingan berlebih di laut.

      Dalam operasinya, pembangkit listrik tenaga angin bukan tanpa kegagalan dan kecelakaan. Kegagalan operasi sudu-sudu dan juga jatuhnya es akibat perputaran telah menyebabkan beberapa kecalakaan dan kematian. Kematian juga terjadi kepada beberapa penerjun dan pesawat terbang kecil yang melewati turbin angin. Reruntuhan puing-puing berat yang dapat terjadi merupakan bahaya yang perlu diwaspadai, terutama di daerah padat penduduk dan jalan raya. Kebakaran pada turbin angin dapat terjadi dan akan sangat sulit untuk dipadamkan akibat tingginya posisi api sehingga dibiarkan begitu saja hingga terbakar habis. Hal ini dapat menyebarkan asap beracun dan juga dapat menyebabkan kebakaran berantai yang membakar habis ratusan acre lahan pertanian. Hal ini pernah terjadi pada Taman Nasional Australia dimana 800 km2 tanah terbakar. Kebocoran minyak pelumas juga dapat terjadi dan dapat menyebabkan terjadinya polusi daerah setempat, dalam beberapa kasus dapat mengkontaminasi air minum.

      KESIMPULAN

      Pembangkit Listrik Tenaga Angin sampai dengan tahun 2007 menghasilkan energi listrik yang dihasilkan oleh turbin angin mencapai 93.85 GigaWatts, menghasilkan lebih dari 1% dari total kelistrikan secara global. Keuntungan utama dari penggunaan pembangkit listrik tenaga angin secara prinsipnya adalah disebabkan karena sifatnya yang terbarukan. Hal ini berarti eksploitasi sumber energi ini tidak akan membuat sumber daya angin yang berkurang seperti halnya penggunaan bahan bakar fosil...

      Rabu, 07 Maret 2012

      BAHAN BAKAR AIR-HIDROGEN

      Artikel diposting oleh PT.Ocean Petro Energy cab. Surabaya
      Semoga bermanfaat pada dunia pendidikan
      sumber dari Hamzah Muh Ba,abud .ST

      BAHAN BAKAR AIR / BROWN GAS
      HIDROGEN FROM PURE WATER
      MENGHEMAT 100% PEMAKAIAN BENSIN
      MENDONGKRAK PERFORMA MESIN
      GAS BUANG KNALPOT ADALAH O2 (OKSIGEN)
      MESIN LOLOS UJI EMISI TAHUN 2010
      Ternyata dari mimpi itulah segala sesuatu akan menjadi kenyataan.. kita diharuskan untuk berani untuk bermimpi untuk menjadi pelopor gerakan kebaikan dan kesolehan bagi seluruh alam.
      Untuk dapat mencapai suatu tujuan yang besar dan mulia, ternyata mimpi juga sangat dibutuhkan agar dapat cepat terealisasi semua keinginan kita. Mungkin bermula dari mimpi jualah, ternyata ada beberapa pakar orang Indonesia yang iseng berpikiran aneh untuk menjadikan air sebagai bahan bakar.....


      Fakta di balik teknologi Bahan Bakar Air & penemuan yang dihambat

      Melihat sejarahnya sebenarnya telah cukup lama teknologi bahan bakar air ini ditemukan (sejak tahun 1805), akan tetapi selalu disembunyikan dan ditekan agar tidak keluar untuk menjadi konsumsi publik. Sudah begitu banyak negara dan ilmuwan di seluruh dunia mencoba mengembangkan dan mengaplikasikannya ke motor, mobil, sampai pesawat terbang. Namun penyebarannya dipaksa berhenti karena kepentingan sebagian orang yang punya kuasa dan uang.

      Dari fakta dan penelusuran, penemuan penghematan bahan bakar yang ramah lingkungan, sengaja dihambat dan diredam untuk keuntungan para kapitalis yang berkolusi kepada para penentu kebijakan.Lebih jauh tentang hal ini baca "Rahasia Bahan Bakar Air" Bab 2 ; Ramalan Jules Verne tentang potensi air, sejarah singkat Watercar & misteri kematian Stanley Meyer

      Kami telah membaca teknologi "hydrogen & fuel cell" dari DOE (Department of Energy) USA, namun tak satu pun dokumen tersebut yang menyebut hidrogen dari air murni (pure water)
      Sampai di halaman terakhir, mereka lebih tertarik hanya meng-ekstraksi hidrogen dari "hydrocarbons". Mereka tidak menyebutkan satu pun dari apa yang dinamakan "On Board Hydrogen Electrolysis" dalam membuat "egas" (gas dari hasil elektrolisis) seperti teknologi brown gas ini. Mereka sibuk dengan pembuatan stasiun bahan bakar hidrogen, berapa harganya per liter, dan lain-lain.
      Perlu anda ketahui, pabrik bahan bakar hidrogen sangat mencemari lingkungan, dan bahan bakar fuel cells SAMA SEKALI TIDAK EFISIEN sebagaimana bahan bakar "On Board Hydrogen Electrolysis". Tahun 1995 Stanley Meyer telah membuat gas untuk menjalankan mobilnya, tanpa tangki hidrogen, tanpa bahan bakar fosil (VW kodok nya dapat menempuh 160 km hanya dengan menggunakan 3 liter air) dan dia telah mengabdikan hidupnya demi penemuan ini selama 30 tahun.
      Jadi, apakah yang terjadi dengan penemuan Stanley Meyer yang luar biasa di abad 21 ini? sungguh sebuah penemuan yang sangat genius. Penemuan ini akan menjadi salah satu pioneer solusi ketersediaan bahan bakar alternatif selain minyak yang harganya semakin tinggi.

      Sadarkah anda bahwa kemajuan teknologi di bidang otomotif sejak ratusan tahun yang lalu, nyaris tidak pernah menghasilkan produk mobil yang irit bahan bakar dan ramah lingkungan? kalaupun ada seperti pada tahun 2002 pabrikan jepang pernah mengeluarkan seri Toyota Eco spirit 100 MPG (45km/L), tetapi itu hanya bertahan sebentar kemudian produk itu segera ditarik dari peredaran.

      Mengapa produk yang hemat bahan bakar itu ditarik dari pasaran? apakah hal ini terkait dengan kepentingan para pengusaha tamak yang selama ini menikmati keuntungan dari penggunaan bahan bakar yang boros?
      Lihat saja di bidang otomotif, kemajuan yang ditawarkan hanya selalu berkenaan dengan "fancy" (ukuran besar dan kuat), "trendy", "futuristik", "safety" (keamanan & kenyamanan), "powerful" (kekuatan dan tahan bantingan), "acceleration" (kecepatan), dan disekitar itu saja.. walau hal itu tidak ada salahnya untuk pengembangan model. Hampir tidak ada perusahaan otomotif yang menonjolkan produk irit bahan bakar, dan ramah lingkungan. kalaupun ada seperti mobil "hybrid cell", harganya tak terjangkau bagi masyarakat.

      Adapun isu mengenai pemanasan global (global warming) dan lain-lain, hanya dibicarakan sebatas wacana, konferensi dan pertemuan dunia. Sementara realisasinya masih membutuhkan waktu. semua itu mereka lakukan hanya sekedar "lip service" agar tidak di cap sebagai perusak bumi, dan penyumbang polusi yang menyebabkan kerusakan alam. guna menutupi aksinya tersebut mereka kerap menggunakan kedok kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dengan mengadakan CSR (company social responsibility).

      Apakah para teknokrat itu tidak memiliki kemajuan pengetahuan tentang 2 hal tersebut? apakah para ilmuwan tak ada yang menemukan teknologi demi kedua hal itu? jawabnya adalah "ADA......
      PERHATIAN:

      Teknologi ini bukan mengganti bahan bakar bensin atau solar dengan air, tetapi menggunakan elektrolisa air yang terbukti membuat bahan bakar menjadi irit, mesin mobil menjadi awet, suara mesin lembut dan gas buangan bersih, karena proses pembakarannya sangat sempurna, saat ini kami sedang melakukan research untuk menyempunakan teknologi ini, hasil yg kami tuju adalah teknologi menggunakan bahan bakar air 100% tanpa bensin, seperti yg ditemukan oleh stanley meyer tahun 1995 (yang teknologinya saat ini hilang bersama kematian nya)

      saat ini sedang digalakan pula uji emisi bagi kendaraan bermotor... gas buang yang kami hasilkan adalah O2, sehingga dpt dipastikan apapun kendaraan anda, tahun berapa pun kendaraan anda akan lolos uji emisi... yang memungkinkan kendaraan anda akan dapat stiker lolos uji emisi & beroperai
      Info lengkapny mengenai TEKNOLOGI BAHAN BAKAR AIR,silakan cari di google
      Teknologi ini telah dikembangkan di Indonesia oleh Bapak Hamzah Muh Ba,abud , ST

      Minggu, 04 Maret 2012

      MACAM MACAM BAHAN BAKAR

      Artikel by PT.Ocean Petro Energy cab.Surabaya
      Semoga Bermanfaat pada Dunia Pendidikan

      Sebelum membicarakan MACAM MACAM BAHAN BAKAR kita bahas dulu pengertin kata TRADING,SUPPLIER Dan BAHAN BAKAR

      TRADING adalah menurut kamus Indonesia Trading memiliki arti Perdagangan ,jadi Trading Bahan Bakar adalah perdagangan bahan bakar

      SUPPLIER adalah berdasar arti dalam kamus Indonesia Supplier memiliki arti Penyedia Barang-Barang apa saja, jadi Supplier Bahan Bakar adalah Penyedia Baham Bakar

      BAHAN BAKAR adalah suatu materi apapun yang bisa diubah menjadi energi. Biasanya bahan bakar mengandung energi panas yang dapat dilepaskan dan dimanipulasi. Kebanyakan bahan bakar digunakan manusia melalui proses pembakaran (reaksi redoks) dimana bahan bakar tersebut akan melepaskan panas setelah direaksikan dengan oksigen di udara. Proses lain untuk melepaskan energi dari bahan bakar adalah melalui reaksi eksotermal dan reaksi nuklir (seperti Fisi nuklir atau Fusi nuklir). Hidrokarbon (termasuk di dalamnya bensin dan solar) sejauh ini merupakan jenis bahan bakar yang paling sering digunakan manusia. Bahan bakar lainnya yang bisa dipakai adalah logam radioaktif.

      JENIS JENIS BAHAN BAKAR:
      Berdasarkan materinya


      BAHAN BAKAR PADAT
      Bahan bakar padat merupakan bahan bakar berbentuk padat, dan kebanyakan menjadi sumber energi panas. Misalnya uranium,kayu dan batubara. Energi panas yang dihasilkan bisa digunakan untuk memanaskan air menjadi uap untuk menggerakkan peralatan dan menyediakan energi.
      BAHAN BAKR CAIR
      Bahan bakar yang berbentuk cair, paling populer adalah bahan bakar minyak atau BBM. Selain bisa digunakan untuk memanaskan air menjadi uap, bahan bakar cair biasa digunakan kendaraan bermotor. Karena bahan bakar cair seperti Bensin bisa dibakar dalam karburator dan menjalankan mesin.
      Macam-macam bahan bakar cair antara lain bensin,solar,minyak tanah,spertus,alkohol dll
      BAHAN BAKAG GAS
      Bahan bakar gas ada dua jenis, yakni Compressed Natural Gas (CNG) dan Liquid Petroleum Gas (LPG. CNG pada dasarnya terdiri dari metana sedangkan LPG adalah campuran dari propana, butana dan bahan kimia lainnya. LPG yang digunakan untuk kompor rumah tangga, sama bahannya dengan Bahan Bakar Gas yang biasa digunakan untuk sebagian kendaraan bermotor.

      BAHAN BAKAR DIBEDAKN MENJADI DUA

      BAHAN BAKAR FOSIL( MINYAK BUMI )
      Bahan bakar tidak berkelanjutan
      Bahan bakar tidak berkelanjutan bersumber pada materi yang diambil dari alam dan bersifat konsumtif. Sehingga hanya bisa sekali dipergunakan dan bisa habis keberadaannya di alam. Misalnya bahan bakar berbasis karbon seperti produk-produk olahan minyak bumi,seperti bensin,solar,minyak tanah,sepertus,bensol,olie,aspal,batu bara dll termasuk tambang uranium,bahan bakar nuklir

      BAHAN BAKAR ALTERNATIF
      Bahan bakar berkelanjutan ( RENEWABLE )
      Bahan bakar berkelanjutan bersumber pada materi yang masih bisa digunakan lagi dan tidak akan habis keberadaannya di alam
      Bahan Bakar alternatif dibedakan lagi menjadi dua
      1.Bahan bakar alternatif dari alam
      2.Bahan baker alternatif dari limbah

      BAHAN BAKAR ALTERNATIF DARI ALAM MISALNYA
      - Bahan bakar air-hidrogen
      - Energi air ( air terjun,bendungan ) PLTA
      - Energi matahari SOLAR CELL
      - Energi angin KINCIR ANGIN ( PLTB )
      - Energi gelombang laut
      - Energi gerak
      - Bahan bakar dari buah-bauahan/tumbuhan

      BAHAN BAKAR DARI ALTERNATIF DARI LIMBAH
      - Bahan bakar dari LIMBAH PLASTIK
      - Bahan bakar dari abu batu bara/dibuat BRIKET
      - Bahan bakar dari ranting/isa-sisa kayu/tempurung kelapa dibuat ARANG
      - Bahan bakar dari kotoran hewan atau manusia dibuat BIOGAS

      Kami akan membahas satu persatu mengenai bahan bakar atau energi altrnatif pada aetikel-artikel pada kolam beranda,dan semoga bermanfat bagi ilmu pengetahaun

      CINTAI ALAM KITA DAN HEMAT PENGUNAAN ENERGI YANG BERLEBIHAN